er

Wednesday 8 May 2013

Sesuaikan Dirimu dengan Kebutuhan Lapangan


Memilih jurusan saat akan masuk ke jenjang pendidikan tinggi memang ibarat memilih pasangan hidup. Jika benar dan sesuai akan bisa membawa kebahagiaan kalau-kalau salah dan tidak sesuai justru bisa menghambat kehidupan kita. Ada banyak motif untuk memilih jurusan diperkuliahan. Ada yang sesuai keinginan, sesuai kemampuan, disuruh orang tua, coba-coba, ikut pacar, melihat prospek lulusannya, dan masih banyak motif lain.


Jika melihat dari kesenangan batin semata, tentu memilih jurusan sesuai dengan bidang yang disenangi dan dikuasai sangatlah bagus. Tapi bagaimana kalau bidang tersebut ternyata tidak menjanjikan prospek yang cerah? Bisa jadi karena sudah terlalu biasa atau jenuh akan terlalu banyaknya ahli dibidang tersebut. Kalau memang kesenangan akan suatu bidang dibarengi dengan prospek yang cerah itu sangat baik, tapi jika tidak?

Melihat dari banyaknya motif memilih jurusan, akan lebih baik memilih jurusan dengan mempertimbangkan prospek lulusan jurusan tersebut. Dengan begitu, kemampuan kita dibidang tersebut nantinya setelah lulus akan lebih bermanfaat karena memang banyak yang membutuhkan. Tapi muncul pertanyaan, jika memang bidang tersebut berprospek cerah tapi dalam menjalaninya tidaklah menyenangkan dan dipaksakan, hasilnya tidak akan memuaskan bukan? Iya memang sesuatu yang dipaksakan apapun itu tidaklah menyenangkan dan hasilnya tidak akan baik, untuk itu jikalau sudah memilih jurusan yang sekiranya berprospek tersebut berusahalah sebisa mungkin untuk menyenanginya. Ibarat pepatah Jawa “Nek wis kadung teles, nyemplung sisan” yang artinya kalau sudah terlanjur masuk atau memilih sesuatu termasuk itu jurusan, nikmati dan dalamilah semaksimal mungkin.

Dalam menentukan jurusan, janganlah terlalu menuruti ego diri sendiri yang berpikiran yang saya suka dan senangi hanyalah ini, jadi saya harus masuk ini tidak peduli sudah berapa banyak manusia lain yang juga menyenangi hal itu. Jadilah manusia yang beda dan fleksibel bisa masuk kesemua jurusan sesuai dengan kebutuhan dunia luar, jadi sesuaikan dirimu dengan kebutuhan lapangan janganmenyuruh lapangan untuk menyesuaikan dengan diri kita, jika kita bisa menyesuaikan diri dengan apa yang dibutuhkan lapangan, kesuksesan menanti didepan mata. (Amin)

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan, tidak spam, dan bijak ^.^
Terima Kasih telah berkunjung