er

Sunday 5 May 2013

Masih Tak Masalah Barcelona Banyak Kebobolan?


Awal musim 2012/2013 lalu saat laga baru memasuki pekan ke-11 La Liga, teringat komentar pelatih Barcelona yang menyatakan tidak terlalu khawatir timnya banyak kebobolan. Tito yakin bahwa selama para juru gedor Barca terus rajin mencetak gol, banyak kebobolan itu sudah bisa tertutupi. Ia bahkan menambahkan, bahwa banyak kebobolan itu merupakan resiko yang diambil oleh tim dengan gaya serang seperti Barcelona.

Pernyataan itu dilontarkannya sudah sejak kurang lebih 5 bulan lalu. Lalu bagaimana dengan sekarang? Apalagi melihat hasil terbaru liga Champions yang memberikan fakta bahwa berlubangnya lini belakang tidak mampu ditutupi dengan gol oleh para juru gedor Barca.
Memang benar resiko dari sebuah tim yang konsen permainan menyerang adalah pertahanan yang rapuh, tapi apa sesederhana itu dengan menaruh kepercayaan yang berlebihan kepada para striker bahwa mereka akan selalu mencetak banyak gol. Laga melawan Munchen memperlihatkan bahwa pertahanan yang rapuh dari Barcelona juga diikuti dengan lemahnya daya serang Barcelona.
Mungkin pemikiran permainan menyerang itu perlu sedikit diubah, bahwa pertahanan yang kokoh juga mempengaruhi mental para pemain depan untuk hanya memikirkan menyerang saja tapa memikirkan pertahanan, karena dibarisan pertahan mereka sudah aman dengan pertahan yang kokoh. Karena semakin banyak kebobolan bisa memperngaruhi mental pemain, termasuk mental pemain depan. Para pemain depan semakin merasa terbebani untuk membalas gol yang mungkin dengan mudah dilesakan oleh para pemain lawan.
Tidak apa kalah telak dan gagal disemifinal, kekalahan ini bisa dijadikan introspeksi, khususnya untuk benar-benar membenahi lini belakang, karena para penyerang tidak selalu bisa diandalkan untuk terus mencetak gol, apalagi mungkin dalam keadaan cedera dan dipaksakan. Visca Barca! (Amin)

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan, tidak spam, dan bijak ^.^
Terima Kasih telah berkunjung