er

Friday 14 June 2013

Aneh, Rencana TOA Masjid Mau Dilarang?

Akhir-akhir ini di dunia maya sedang ramai dibicarakan salah satunya mengenai aturan penggunaan TOA masjid. Kalau menurut saya ini lucu. Jika memang masjid itu berada dilingkungan masyarakat non-muslim, penggunaan TOA dengan keras mungkin perlu diperdebatkan dan diatur secara ketat, tapi kalau masjid itu berada di lingkungan muslim, apa salahnya penggunaan TOA dengan keras? Anggap saja itu syiar dari masjid, kan sekarang sudah mulai jarang masyarakat kita pergi ke masjid karena sibuk dengan aktivitas keduniawiaannya.
Pelarangan penggunaan TOA untuk kegiatan lain selain adzan juga terasa tidak adil, harusnya jika memang pengeras TOA itu mengganggu, suara-suara keras sejenis yang juga sama kerasnya (bahkan bisa lebih keras) juga banyak yang mengganggu, seperti acara musik dangdutan, hajatan orang nikahan, dll. Jika memang pelarangan penggunaan TOA karena alasan mengganggu, harusnya ada juga larangan untuk acara musik dangdutan dan hajatan nikahan.
Marilah khususnya bagi kita umat muslim, banyak-banyak berdzikir dan memohon ampun, mari berintrospeksi barangkali selama ini kita banyak melakukan kegiatan yang salah sehingga mata batin kita ditutup oleh setan dan tidak mau mendengar suara-suara yang notabenya bisa dijadikan syiar. Suara dari masjid selain adzan misalnya seperti dzikir, sholawatan, dll sebenarnya bisa dimanfaatkan kita untuk selalu mengingat Allah, sehingga setiap kegiatan yang kita lakukan bisa terjaga, bukankah seharusnya seorang muslim selalu bergetar dan bertambah kuat imannya ketika mendengar sebutan nama Allah? Sebagimana telah disebutkan dalam QS. Al Anfal yang isinya kurang lebih “sesungguhnya orang yang beriman itu adalah mereka yang bila disebut nama Allah bergetar hatinya dan apabila dibacakan ayat-ayat Allah bertambahlah keimanan mereka …”. Mungkin untuk penggunaan TOA jangan dilarang, karena itu bisa dijadikan syiar, cukuplah dibuat aturan jam atau waktu penggunaannya, yaitu jangan digunakan keras-keras diatas jam 9 malam dan sebelum jam 3 pagi karena itu jam istirahat mayoritas masyarakat kita. Saya nulis begini jangan dikira karena rumah saya jauh dari masjid, rumah saya hanya selisih satu rumah dari masjid. (Amin)

Comments
4 Comments

4 comments:

This comment has been removed by the author.
This comment has been removed by the author.

keberadaan Toa di masjid/musholla itu diperlukan banget,, itu menjadi semacam sarana urgent dalam berdakwah...

salam dari kami TOKO TOA..

sama-sama :)
terima kasih telah berkunjung

Post a Comment

Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan, tidak spam, dan bijak ^.^
Terima Kasih telah berkunjung