er

Wednesday 27 August 2014

Olos. Jajanan Pedas Khas Tegal

Olos, adalah jajanan yang berbentuk bulat layaknya seperti onde-onde. Pahamkah apa itu onde-onde? Searching aja di mbah google ya :p. Olos berbentuk bulat yang di dalamnya terdapat berbagai campuran sayuran yaitu kubis (kol) dan cabai. Olos memiliki cita rasa yang pedas karena di dalamnya berisi cabai. Konon, olos pertama kali dibuat di desa jatirawa. Namun entahlah, hal ini masih menjadi sebuah misteri.

Namun belakangan ini, penjual olos mulai “merevolusi” olos mulai dari merubah bentuknya dan merubah rasa serta isi nya. Terdapat olos kocok dimana olos tersebut dikocok di dalam sebuah toples yang telah dicampur bumbu rasa seperti rasa balado, sapi panggang, dan yang lainnya. Terdapat juga olos yang berisi bukan cabai dan kubis (kol), namun olos tersebut berisi ayam, sosis, dll.


Olos lebih banyak ditemukan di daerah Talang, Adiwerna, Slawi. Dimana kita dapat menemukan penjual olos di pinggiran jalan raya utama (jalan 1/jalan lintas provinsi) di daerah adiwerna. Olos akan terasa nikmat ketika disajikan dalam keadaan masih panas atau hangat, karena kita akan mendapatkan sensasi super pedas dan panas.

Nah, jika Anda suatu ketika sedang berada di Tegal. Tak lengkap jika Anda tak membeli dan menikmati jajanan khas Tegal ini. Cintailah jajanan dalam negeri. 

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan, tidak spam, dan bijak ^.^
Terima Kasih telah berkunjung