er

Tuesday 5 March 2013

DAMPAK TEKNOLOGI


DAMPAK TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK INDONESIA






v    Latar belakang
Setiap manusia berhak mendapatkan pelayanan serta mendapatkan perlakuan yang sama dari suatu lembaga pemerintah. seperti yang tertuang dalam Pancasila yang ke-5, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Seperti mendapatkan pendidikan. Semakin berkualitasnya pendidikan di suatu negara maka semakin tinggi pula tingkat kemajuan di bidang teknologi. Karena pendidikan merupakan dasar pengembangan suatu ilmu pendidikan untuk menciptakan manusia-manusia yang berkualitas serta meningkatkan sumber daya manusia yang bermutu dan berkualitas di suatu negara untuk kemajuan negara tersebut.

          Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak dapat dihindarkan dalam kehidupan ini, karena   
kemajuan teknologi merupakan tuntutan zaman yang akan terus berlanjut seiring terus 
berkembangnya kemajuan ilmu pengetahuan. Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan alat 
untuk berkomunikasi sesama manusia. Oleh karena itu, atas dasar kebutuhan tersebut, manusia 
berupaya mencari dan menciptakan sistem dan alat untuk saling berinteraksi, misalnya handphone. 
Televisi sampai dengan internet.

        Bagi masyarakat sekarang, perkembangan ilmu pendidikan dan teknologi dianggap sebagai 
solusi dari permasalahan yang ada. Sumbangan ilmu engetahuan dan teknologi terhadap peradaban 
dan kesejahteraan manusia tidaklah dapat dipungkiri. Namun manusia tidak bisa pula meniru akan 
kenyataan bahwa ilmu engetahuan dan teknologi juga membawa pengaruh bagi manusia. Oleh 
karena itu ilmu pengetahuan dan teknologi tidak bisa dijadikan standar kebenaran ataupun solus dari 
masalah-masalah yang ada.

v  Rumusan masalah

1.      Adakah pengaruh penggunaan alat teknologi informasi terhadap sikap moral masyarakat suatu bangsa dalam mengamalkan nilai-nilai pancasila ?
2.      Bagaimana solusi yang tepat untuk menciptakan teknologi informasi yang baik untuk digunakan oleh masyarakat dengan tidak mengesampingkan nilai-nilai pancasila ?

v  Pembahasan

Pola interaksi antar manusia yang berubah seperti komputer yang disambungkan dengan telepon telah membuka peluang bagi siapa saja untuk berhubungan dengan dunia luar. Semisal internet, telah membuat orang asyik dengan kehidupannya sendiri.
Akhir-akhir ini dikejutkan dengan persoalan-persoalan yang berkenaan dengan perubahan nilai moralitas masyarakat, terutama di kalangan remaja bahkan anak-anak di bawah umur. Kemerosotan nilai-nilai pancasila salah satunya disebabkan oleh penggunaan alat teknologi. Kondisi ini lambat laun akan menghilangkan daya pikir realistis dan moralitas yang semakin krisis.
Perkembangan teknologi informasi memberikan peluang masyarakat untuk mendapatkan informasi yang lebih cepat. Berkembangnya ilmu teknologi dan pengetahuan mempengaruhi pola pikir masyarakat. Sebab dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, maka akan timbul juga dampak-dampak yang terjadi baik secara pribadi, golongan, serta masyarakat luas.
Dampak-dampk yang terjadi akibat semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi sangat signifikan, masyarakat sudah tergantung dengan teknologi informasi. Hal ini meyebabkan mobilitas informasi sangat cepat, kejadian dari berbagai belahan dunia bisa diakses dengan cepat.
Tapi di sisi lain, kemajuan teknologi membawa dampak yang negatif bagi masyarakat. Utamanya bagi perkembangan generasi muda. Dengan teknologi seperti layanan internet, sangat banyak konten-konten yang tidak sepantasnya dilihat dan diakses. Hal ini mengakibatkan perkembangan mental dan psikologi generasi muda menjadi terganggu. Teknologi bagi beberapa kelompok merupakan sebuah lahan pasar yang sangat ideal untuk meraup keuntungan yang banyak.
Dampak teknologi bagi kehidupan kita seperti pisau yang bermata dua. Di sisi lain sangat bermanfaat dan di sisi lain sangat berbahaya bagi kehidupan masyarakat. Maka dari itu kita perlu pintar-pintar melakukan filtrasi terhadap layanan-layanan teknologi yang tersedia dalam kehidupan sehari-hari.

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan, tidak spam, dan bijak ^.^
Terima Kasih telah berkunjung